Kamis, 09 Februari 2023

ARTIKEL AKSI NYATA 1.4 BUDAYA POSITIF

 

AKSI NYATA  MODUL 1.4

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

KABUPATEN JEPARA


DISEMINASI DAN PENERAPAN BUDAYA POSITIF

 DI SMP NEGERI 2 JEPARA

 Assalamu'alaikum wr wb

Salam dan Bahagia Bapak/Ibu Guru Hebat

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya memaparkan tugas berbagi aksi nyata modul 1.4 Budaya Positif Program Guru Penggerak Angkatan 7

A. LATAR BELAKANG

Pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan tentunya sangat diharapkan oleh semua pihak. Sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara tujuan pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat  dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidikan  yang mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya perlu didukung dengan adanya sekolah yang berbudaya positif.

Budaya positif adalah kesepakatan antara guru, murid, pemangku kepentingan yang dijalankan sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai kebajikan. Kebiasaan yang sesuai dengan nilai-nilai kebijakan sebaiknya dilakukan secara konsisten oleh semua pihak dalam sekolah. Inilah yang membuat budaya positif di sekolah dapat berjalan  sesuai dengan yang kita inginkan. Memang perlu adanya perubahan yang nyata dari dalam diri sendiri (motivasi intrinsik) murid mulai dari hal-hal kecil dalam pembelajaran.

Tidak perlu mengubah semua yang ada disekolah, menguatkan apa yang sudah menjadi budaya dan iklim baik di sekolah, memunculkan kekuatan yang sudah dimiliki, dan menyamarkan kekurangan itulah yang diperlukan. Namun dalam kenyataannya banyak sekolah menggunakan peraturan-peraturan yang memaksa murid untuk menaati. Mereka menaati dengan keterpaksaan supaya tidak dihukum, tidak terkena poin dan sanksi lainnya. Hal itu membuat murid melakukan aturan tidak didasari dari dalam dirinya sehingga jika mereka berada diluar sekolah mereka mencari kebebasan tanpa memaknai arti nilai-nilai budaya positif itu sendiri. Salah satu cara mewujudkan budaya positif ini melalui keyakinan kelas. Dengan adanya keyakinan kelas yang dibuat bersama oleh guru dan murid, maka semua warga kelas akan mengupayakan untuk menjalankan penerapan budaya positif ini.

B. TUJUAN

1. Menumbuhkan sikap berani berpendapat tentang keyakinan kelas

2. Menumbuhkan kesadaran diri (motivasi intrinsik) akan nilai-nilai kebajikan sesuai dengan profil pelajar Pancasila

3. Membiasakan murid untuk berbudaya positif melalui kesepakatan kelas

4. Menumbuhkan rasa aman, nyaman, dan menyenangkan pembelajaran

5. Membangun karakteristik tanggung jawab dan komitmen murid

C. TOLOK UKUR

1. Murid mampu membuat dan menjalankan kesepakatan kelas sesuai dengan nilai profil pelajar Pancasila

2. Murid mampu melaksanakan kesepakatan kelas secara konsisten

D. LIMINASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

1. Melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan kepala sekolah, guru, murid, dan tenaga pendidik terkait dengan kesepakatan kelas sesuai dengan profil pelajar Pancasila

2. Guru menjelaskan dan memfasilitasi  untuk membuat kesepakatan kelas

3. Kesepakata kelas yang telah disepakati di tandatangi seluruh warga kelas dan ditempel di dinding

4. Menerapkan kesepakatan kelas secara konsisten

5. Mendokumentasi setiap kegiatan sebagai bahan refleksi pembiasaan budaya positif

E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1. Semua warga sekolah yaitu Kepala sekolah, rekan guru, tenaga pendidik, dan orang tua sebagai teladan dalam penerapan budaya positif di sekolah maupun rumah

2. Murid yang berkerjasama dalam membuat kesepakatan kelas dan konsisten dalam menerapkan budaya positif

3. Alat dan Bahan : Laptop, proyektor, alat tulis, kertas pengumuman kesepakatan kelas

F. DESKRIPSI AKSI NYATA

Dalam pelaksanaan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya positif saya melaksanakan beberapa langkah:

- Perencanaan


                                Persiapan materi dan strategi kesepakatan kelas dan diseminasi budaya positif

Tahap koordinasi dengan rekan CGP lain dan kepala sekolah

Pada tahap koordinasi ini, kami berkoordinasi dengan kepala sekolah SMP Negeri 2 Jepara dan meminta ijin untuk dapat melaksanakan diseminasi budaya positif. Kami diberi waktu secara bergantian dengan peserta dibagi dengan jadwal yang sudah dibuat. Saya diberi jadwal pelaksanaan Diseminasi pada Rabu, 25 Januari 2023.

- Pelaksanaan

Penjelasan kepada murid tentang keyakinan kelas dan nilai-nilai universal


Pembentukan Kelas Impian dan Keyakinan Kelas menggunakan Padlet

Keyakinan Kelas yang terbentuk







Pelaksanaan Diseminasi di SMP Negeri 2 Jepara

Kegiatan tersebut berisi tentang pemaparan konsep inti dari Budaya Positif yaitu Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan Universal, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, dan Segitiga Restitusi. Dalam diseminasi tersebut guru sangat terlihat antusias dalam mengikutinya. Kami saling berbagi pengalaman dan ilmu.

G. REFLEKSI AKSI NYATA

Pelaksanaan Aksi Nyata Budaya Positif yang saya lakukan di SMP Negeri 2 Jepara memang perlu adanya dukungan, kolaborasi, dan mau bergerak bersama antara murid, rekan sejawat, kepala sekolah, dan warga sekolah lainnya.
Dalam koordinasi dengan kepala sekolah, saya dan teman CGP lain sangat didukung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jepara (Bapak Fatkhurrohman, S.Pd.). Diseminasi yang dilakukan, membuat rekan yang lain sangat antusias dimana materi Budaya Positif memang sangat diperlukan di sekolah kami. Kami saling bertukar pikiran, berbagi ilmu dan pengalaman. Selain itu, dalam pembuatan keyakinan kelas anak-anak sangat tertarik, mereka memulai dengan membuat kelas impian yang mereka inginkan, kemudian membuat keyakinan kelas yang mereka sepakati bersama ditambah dengan penandatanganan oleh semua anggota kelas.

H. RENCANA PERBAIKAN AKSI NYATA

  • Dapat saling mendukung dan kolaborasi untuk seluruh warga sekolah
  • Selalu mengingat dan melaksanakan posisi kontrol sebagai manager
  • Menerapkan segitiga restitusi jika terjadi permasalahan dengan murid
  • Selalu meninjau kesepakatan kelas yang sudah dibuat


I. AKSI NYATA 1.4

Aksi Nyata, Diseminasi Budaya Positif, Penerapan Budaya positif di SMP Negeri 2 Jepara, Keyakinan kelas Respon Murid, rekan sejawat, dan kepala sekolah, dan Refleksi ada pada dokumen berikut :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar